Mari Renungkan Ini

 

Udah ulang tahun yang keberapa nih? 67 tahun? Haha, udah tua dong ya? 😛
Hm, engga juga sih untuk seukuran negara. 67 tahun itu masih… ya anak smp lah~ labil! Pake banget kali ya?

 

Nyesek juga untuk HUT RI tahun ini, banyak remaja yang sudah kehilangan rasa nasionalismenya. Bahkan rasa kebanggaan akan negara pun hilang. Banyak diantara mereka lebih bangga menjadi kpopers daripada bangsa indonesia. Kenapa? Padahal perilaku orang indonesia dan kpopers sama buruknya. Bahkan aku pikir kpopers lebih buruk! Tapi kenapa lebih bangga menjadi kpopers? Entahlah.

Ingat peristiwa proklamasi? Indonesia tidak semudah itu memerdekakan Indonesia. Harus ada percekcokan antara golongan tua dan golongan muda. Harus ada pernegoan antara Seokarno dan Nishimura. Harus ada kembali terjadinya percekcokan tentang ‘siapa’ yang akan menandatangani naskah proklamasi. Harus ada kejadian tempat terjadinya pembacaan teks proklamasi yang sebenarnya di kepung oleh Jepang. Tidak mudah. Sulit!

 

Tapi saat berhasil merdeka, apa yang terjadi? Banyak remaja Indonesia yang berkata, “Duh, gue kok gak bangga ya jadi orang Indonesia?”. Mengenaskan. Sangat. Terus apa gunanya para pahlawan memerdekakan Indonesia jika pada akhirnya tidak ada yang bangga dengan Indonesia?

 

Bahkan, pancasila yang menjadi pedoman negara pun sudah mulai dilupakan oleh bangsa Indonesia. Pancasila adalah ideologi dasar negara kita. Tapi banyak orang tidak pernah memikirkan pancasila kembali.

 

Apa kalian masih ingat nilai “Ketuhanan Yang Maha Esa”?

Apa kalian masih ingat nilai “Kemanusiaan yang adil dan beradab”?

Apa kalian masih ingat nilai “Persatuan Indonesia”?

Apa kalian masih ingat nilai “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan”?

Apa kalian masih ingat nilai “Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”?

 

Memang kita tidak akan bisa merdeka dengan seutuhnya. Tapi kenapa kita tidak bisa memperlihatkan kepada dunia luar kalau kita bangga menjadi bagian dari negara Indonesia? Ga hanya saat 17 agustus. Tapi seterusnya dan selamanya.

 

Kita memang tidak memilik pemimpin sehebat dulu seperti Seokarno, Hatta, Seoharto dan Habibie. Tapi kita bisa berusaha memperbaiki negara dengan berjiwa nasionalisme seperti bangsa Indonesia dahulu kala.

 

Seokarno. Presiden pertama Indonesia yang kecerdasan dan wibawanya diacungi jempol oleh bangsa Indonesia dan bangsa lain. Juga berani. Berpikir panjang sehingga selalu berhasil membuat pihak lawan mati kutu dengan ucapannya. Yah walaupun senang berpoligami.

 

Hatta. Wakil presiden pertama Indonesia yang kecerdasan, wibawa dan keberaniannya diacungi jempol oleh bangsa Indonesia dan bangsa lain. Dan dia adalah salah satu tokoh favorit gue. Pada dasarnya gue cuma punya 2 tokoh idola sih. Og Mandino dan Mohammad Hatta. Hehe..

 

Seoharto. Presiden kedua Indonesia. Kejam sih. Tapi liat hasil pekerjaannya! Tanpa dia, mungkin Indonesia baru kenal apa itu tol ya baru-baru ini. Kota-kota besar pun pasti padat banget. Nasib petani Indonesia juga pasti udah menyedihkan dari kapan tau. Presiden dengan beribu jasa kepada Indonesia. Tanpa dia, Indonesia… yah bakal masuklah ya ke daftar negara gagal dari dulu.

 

BJ Habibie. Wakil presiden kedua sekaligus presiden ketiga Indonesia. Hoho, jangan ditanya soal kecerdasannya. Bahkan bukunya aja jadi panutan dasar militer Amerika. Aduh gimana ga mau bangga Indonesia punya presiden kayak dia?

 

Entahlah. Gue cuma mau ingetin aja agar remaja Indonesia tuh tetep bangga sama bangsanya karena mempunyai tokoh besar seperti mereka berempat. Baru empat. Indonesia punya daftar nama pahlwan yang ‘wah’ yang mungkin kamus terlengkap di dunia pun kalah tebal dengannya. Yah walaupun udah jarang ditemuin di jaman sekarang.

 

Dan gue buat kayak gini bukan berarti gue ga sadar dengan keterpurukan bangsa Indonesia sekarang. Yang pasti Indonesia itu kasian banget karena udah salah milih pemimpin. Nama besar Indonesia yang berhasil ditorehkan oleh pemimpin sebelumnya, dicoreng begitu saja oleh pemimpin sekarang. Padahal nama Indonesia bukanlah nama negara yang bisa dianggap sepele oleh negara lain dulu. Tapi berbeda dengan sekarang karena pemimpin gagal Indonesia. Duh kasian..

 

Intinya di tanggal 17 Agustus ini, ya ga papa deh kalian para remaja Indonesia untuk bernasionalisme sesaat ^^ semoga insyaf dan jiwa nasionalismenya bertahan sampai mati.

 

MERDEKA!

Advertisements

5 responses to “Mari Renungkan Ini

  1. waaa clap clap…
    gue setuju bgt sama lo… tapi kita juga harus bangga punya pahlawan pahlawan lain, kayak tentara, dan orang2 lain yang berjuang demi kemerdekaan..
    aaahhhh semoga nanti generasi kita bisa memperbaiki Indonesia, supaya negara kita bisa lebih baik lagi..
    MERDEKA!!!!!

  2. INDONESIA MERDEKA!!!
    yang aku ga suka dari Indonesia itu pemerintahnya yang seenak jidat ngambilin duit rakyat ..
    jelas aja Indonesia yang sekarang bukannya maju malah ngedambleg.. -__-
    semoga ada pemimpin kaya mereka lagi.. yang lebih bisa memajukan negara Indonesia. Amiiinn

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s