The Smiling Dictator

Berkas:President Suharto, 1993.jpg

Siapa sih yang tidak kenal dengan diktator Indonesia yang bernama Jenderal Besar TNI Purnawirawan Haji Muhammad Soeharto? Jika kalian memang sekolah di sekolah Indonesia, pasti tahu siapa dia. Dia adalah presiden Indonesia kedua setelah Soekarno. Si “Diktator Indonesia”. Si “The Smiling General”.

Bagiku, dia lebih dari seorang presiden Indonesia kedua. Dia adalah idola utamaku. Dia adalah panutanku. Karena menurutku, dia orang tercerdas di antara orang-orang Indonesia lainnya.

Dia adalah otak dari pemberantas PKI. Soekarno hanya bisa memberi perintah untuk mengurus PKI dengan apapun cara yang diinginkan oleh Soeharto. Tanpa arahan lebih lanjut, ternyata tugas itu bisa dilaksanakan oleh Soeharto. Pekerjaannya benar-benar rapi dan bersih. Yang mungkin jika orang yang diberi tanggungjawab itu bukanlah Soeharto, PKI tidak akan bisa diberantas sebersih itu dan dengan cara seefektif itu.

Apa lagi ya yang mau aku bicarakan tentang Soeharto? Dia benar-benar sosok jenius. Jika ada orang yang bilang yang paling jenius itu adalah Habibie, maka bisa disimpulkan jika pengetahuannya itu sempit. Habibie tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan kejeniusan seorang Muhammad Soeharto.

Aku tahu rakyat Indonesia sangat membenci Soeharto. Itu karena mereka hanya bisa melihat ke keburukan Soeharto. Tapi kalau dipikirkan lagi, Soeharto adalah pemimpin terbaik Indonesia. Soekarno? Hah! Stop kidding me. Soekarno tidak bisa apa-apa jika tidak ada yang bisa dia ‘pegang’ alias bergantung. Sedangkan Soeharto, dia bisa terus maju walaupun dia hanya sendiri.

Tidak aneh jika Soeharto adalah sosok yang sangat dipandang oleh para pejabat di dunia. Bahkan perdana menteri Australia saja menyebutnya ‘ayah’. Dua Presiden Amerika Serikat yaitu Richard Nixon dan Ronald Reagan, juga memuji setiap gebrakan yang dilakukan oleh Soeharto. Intinya, negara luar tidak berani merendahkan bangsa Indonesia saat zaman kepemimpinannya. Sangat berbeda jauh dengan zaman sekarang. Yang bahkan bangsa sendiri saja merendahkan Indonesia. Menyedihkan.

Soeharto adalah sosok penting yang membuat nilai-nilai pancasila sangat dipandang oleh semua orang. Dimana bangsa Indonesia mengerti makna pancasila dan mengerti cara mengamalkan nilai-nilai pancasila sehingga Indonesia terkenal dengan berbagai hal, dimana ini termasuk positif.

“Indonesia terkenal dengan kesopanan dan keramahannya.”

Memang kalian pikir orang-orang di luar negeri bisa berpikir seperti itu sejak zaman prasejarah? Sebelum Indonesia merdeka? Atau zaman Soekarno? Sama sekali tidak. Kalimat itu muncul sejak Indonesia dipimpin oleh Soeharto yang menekankan bangsa Indonesia WAJIB untuk mengilhami dan mengamali nilai-nilai pancasila.

Tanpa Soeharto, Indonesia belum tentu dianggap sebagai negara agraris sampai sekarang. Peralatan pertanian dan perkebunan pribumi tidak akan semodern sekarang. Itu semua adalah hasil kerja keras Soeharto. Soeharto yang menyuruh para anak buahnya untuk belajar bertani dan berkebun yang baik dari luar negeri dan mengajarkannya kepada para petani pribumi. Hasilnya? Panen di Indonesia meningkat pesat. Sangat amat pesat. Bahkan pada saatnya panen, Soeharto mengaju dirinya lah yang pertama untuk turun sawah.

Intinya, saat zaman Soeharto berkuasa, bangsa Indonesia berada diambang kesuksesannya.

Lalu kenapa saat akhir masa kepemimpinannya, terjadi inflasi? Itu bukan kesalahan Soeharto. Bahkan saat itu Indonesia hampir memasuki deretan negara dengan ekonomi yang kuat. Tapi… bagaimana ya? Kalau kamu mau meneliti lebih lanjut, kamu akan tahu ini adalah hasil kejahilan sang anggota tetap PBB yaitu Amerika, Prancis dan Inggris. Kok bisa? Saya tidak mau menjelaskannya lebih lanjut. Jika kamu penasaran, silahkan teliti sendiri 😛

Soeharto juga terkenal dengan kekejamannya. Dimana dia menggunakan kekerasan untuk memberantas kriminal. Tapi hasilnya Indonesia tentram. Penjara tidak penuh karena bangsa Indonesia takut untuk melakukan kesalahan fatal. Kebebasan pers dibatasi juga ada kebaikannya. Menurutku, Soeharto menegaskan peraturan itu agar kejelekan Indonesia tidak tersebar ke negara luar karena memang keamanan antara negara saat itu tidak terlalu baik. Salah-salah, negara luar tahu kelemahan Indonesia dan menyerang ke titik kelemahan. Endingnya Indonesia akan hancur.

Mau bandingkan beliau dengan presiden lainnya? Silahkan. Karena menurut saya, dia tetap presiden terbaik.

Wakil presiden yang menurutku paling cocok dengan Soeharto adalah Adam Malik. Keduanya sama-sama jenius sehingga tidak ada satu pun yang mendominasi. Soeharto tidak berani bermain-main dengan Adam Malik, dan begitu juga sebaliknya. Sehingga pekerjaan mereka sangat efektif dan menghasilkan hal yang sangat memuaskan. Berbeda saat Soeharto dipasangkan dengan Sri Sultan Hamengkubuwono IX, Umar (saya lupa nama panjangnya), Soedharmono, Tri Sutrisno dan BJ Habibie. Saat Soeharto dipasangkan dengan wakil presiden selain Adam Malik, Soeharto seperti mendominasi permainan di pemerintahan utama sehingga.. yah tahu lah apa maksudnya. Apalagi BJ Habibie yang tidak terlalu mengerti soal politik dan sosial. Ini pasangan emang cocok jadi penutup karena emang ga seimbang banget. LOL

Advertisements

7 responses to “The Smiling Dictator

  1. wah /prok prok prok/
    Betul!!! bener juga jadi presiden itu harus tegas,harus bisa mengambil keputusan dengan tepat (y) aku juga jadi ngidolain, merasa bangga dengan apa yang dilakukan pak harto.
    aku bingung mau komen apa, habis tulisan author benar-benar buat aku speechless. Cetar membahana (?)
    RT sama author deh (y)
    eh author kesambet apa ngepost ini? –v tapi ini sangat-sangat bermanfaat lho bagi readers.
    Gomawo info ttng pak soeharto /bow/

    • ah benar~ benar ~ *O*
      asik aku jadi ada temen :3 abis orang-orang pada benci ma pak harto T_T
      ga kesambet apa-apa sih. tadi abis ngobrol sama nenek soal pak harto. kebetulan idola kita sama. lol. sambil ngobrol, sambil nonton berita banjir. eh ada jokowi. karena aku pikir jokowi-ahok itu macam soeharto-adam malik. cuma jokowi-ahok itu ‘polos’ dan ga sejenius soeharto dan adam malik. eh jadi pengen buat postingan ini deh . hehe

  2. Bener banget unnie!! *angkat jempol*
    Aku setuju. Aku juga idola banget dengan Pak Soeharto ini.
    Beliau pintar untuk ngatur bangsa Indonesia. Walau memang banyak yang gak suka akan tindakannya, tapi menurutku tindakan ‘kejam’nya itu semata – mata demi kesejahteraan rakyat. Bangsa Indonesia bisa dibilang egois sih. Maunya pemerintah dengar permintaan mereka tapi gak mikirin konsekuensi dari permintaan itu. yang mereka pikir hanyalah sisi positifnya tapi sisi negatif dilupakan.
    Pak Harto memang patut dijadikan teladan bagi bangsa Indonesia. Sikapnya mengangkat martabat bangsa Indonesia di mata dunia. Sampai dulu Indonesia dijadikan swasembada pangan juga kan karena tindak pak Harto.
    Keadaan bangsa Indonesia saat ini memang tragis baget. Koruptor bertebaran dimana – mana, mending kalau pemerintah mau, pakai aja caranya Pak harto. Bunuh. Pasti langsung diem XD

    Widiihhh *nengok ke atas* panjang banget ya komentarku-_- maaf ya unnie kalau bawel ><
    Penyakitku nih kalau udah ngomong suatu topik. Pasti bacot–"
    Tapi aku setuju dan salut banget dengan unnie.
    Kyaknya unnie bakal jadi author idolaku nih.. ^^

    • aduh jarang banget ketemu sama orang yg nyadar akan semua tindakan pak harto :’) terharu
      bener tuh bener. banyak negara luar yg sebel sama pak harto karna beliau tuh pinter banget nyembunyiin kejelekan bangsanya. bisa dibilang saat itu tuh berita tentang indonesia yang masuk ke berita kancah internasional pasti selalu yang bagus. ga pernah yang jelek. ga kayak jaman sekarang yang selalu jelek. memalukan nama baik bangsa aja -_-
      tapi ga bisa dipungkirin emang koruptor tingkat nasional itu mulai dapet posisi aman sejak jaman soeharto sih. susah juga ._.
      huo…. terima kasih kalo kamu bener-bener jadiin aku sebagai author idolaku ._. makasih~

  3. aku mau komen lagi. aduh hyunra yaampun maaf ya gemes soalnya :3
    aku juga punya pemikiran yang sama soal pak harto. kebanyakan orang-orang di sekitarku juga menganggap pak harto itu orang hebat dan harus diakui beliau memang hebat. mengatur negara adidaya budaya dan sumber daya, dengan puluhan pulau dan jutaan manusia itu hal yang nggak gampang. dan beliau berhasil bikin indonesia (hampir) menjadi negara maju.
    jujur aja, kalau komentar soal KKN yang dilakukan, itu jauh lebih baik. KKN nya hanya dilakukan satu orang. walaupun ada KKN, pak harto ini tetap peduli dengan rakyat. turun ke sawah, meninjau pabrik dll.
    aku rasa Indonesai butuh presiden yang bisa tegas seperti beliau. lihat aja kalau nggak ditegasin, di mana-mana kacau balau.
    semoga aja akan ada presiden yang bisa menandingi beliau sehingga indonesia lebih maju.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s