Yo, This is Bangtan Sonyeondan

Bangtan Boys (Korea: 방탄소년단, RR: Bangtan Sonyeondan, Terjemahan: Bulletproof Boy Scouts) adalah tujuh anggota grup musik hip-hop pria yang dibentuk oleh Big Hit Entertainment. Mereka biasanya dikenal dengan nama singkatan mereka, BTS. (cr: wikipedia)

7 pria ini berhasil memonopoli perhatianku akhir-akhir ini, begitu juga Girl’s Day. Beberapa temanku bertanya mengapa aku menyukai mereka, mengapa aku tertarik dengan sekelompok orang yang berasal dari agensi kecil padahal banyak grup bagus dari agensi besar. Hanya karena BTS berasal dari agensi kecil yang banyak orang belum pernah dengar namanya.

Oleh karena itu, aku akan menjelaskan mengapa aku menyukai Jin, Suga, J-Hope, Rap Monster, Jimin, V, dan Jungkook yang bersatu membentuk grup bersama Bangtan Sonyeondan.

  • Ciptaan Sendiri

“Tak kenal maka tak sayang.”

Banyak grup yang menyanyikan lagu ciptaan orang lain. Namun BTS tidak. Sebisa mungkin mereka menyanyikan lagu ciptaan mereka sendiri walaupun ada beberapa lagu di albumnya adalah ciptaan orang lain yang jumlah sangat minim. Mungkin karena beberapa member memiliki latar belakang sebagai underground rapper. Apalagi Rap Monster pernah berada di satu grup bersama Zico di dunia underground.

Karena lagu tersebut adalah hasil ciptaan sendiri, sudah pasti lagu itu berasal dari hati. Itu sebabnya siapapun yang mendengar lagu mereka, orang-orang bisa mendengar apa isi hati mereka. Dengan begitu, tidak sulit untuk mengenal BTS yang sebenarnya.

Contohnya lagu N.O, aku bisa mendengarkan jeritan hati seorang pelajar di dalamnya. Mereka mengeluh berbagai hal tentang sekolah dan belajar. Mereka mengeluh karena bukan kekayaan, kesuksesan dan kepintaran lah yang menjadi modal utama kebahagiaan seperti apa yang dikatakan oleh para orangtua. Dari lagu ini, aku bisa merasakan kemarahan tapi juga kepolosan anak kecil.

Contoh lainnya lagu Paldogangsan. Jika N.O membuatku berpikir mereka masih memiliki jiwa anak kecil, lagu ini membuatku mengagumi mereka. Mereka bisa menjelaskan dengan baik bagaimana hubungan daerah Kyeongsang dan Jeolla. Suga yang berasal dari Kyeongsang berdebat dengan J-Hope yang berasal dari Jeolla dengan dialek masing-masing. Mereka bertengkar tapi bukan dengan menjelekkan satu sama lain tapi menjelaskan apa saja keunikan daerahnya sendiri. Lalu Rap Monster seakan melerai mereka dengan mengatakan kelebihan kedua daerah menurut orang Seoul. Tidak ada yang perlu didebatkan karena mereka adalah satu bangsa. Tak lupa, dia juga menjelaskan kelebihan kota dan orang-orang di Seoul dan sekitarnya. Lewat lagu ini, aku bisa menyimpulkan bahwa pikiran mereka sangat luas walaupun lagu tersebut dibuat saat mereka masih di masa pubertas.

Selain dari lagu-lagu di atas, tentunya mereka juga membuat lagu romantis. Lagi-lagi di lagu-lagu romantis ini, aku bisa merasakan kepolosan mereka saat mengenal apa itu cinta.

  • Dancenya Bikin Gigit Jari

Aku pernah menonton Rookie King episode 4. Di bagian Open Your Heart, Suga mengeluh kepada CEO Bighit yang ia nilai telah berbohong kepadanya. Maklum, Bang PD-nim (CEO Bighit) telat berjanji kepada Suga bahwa BTS akan menjadi grup hip hop yang fokus pada lagu tanpa gerakan. Kenyataan, netizen menilai BTS adalah rookie dengan gerakan terumit.

Sejak menonton Open Your Heart, aku hobi memperhatikan tingkat kesulitan koreografi setiap grup. Akhirnya aku setuju dengan netizen. Gerakan BTS semakin lama semakin sulit. Terkadang aku mencoba mengikuti gerakan mereka dan ga sampai 1 menit, aku sudah ngos-ngosan. Selain gerakan mereka yang sulit dan terlalu enerjik, dance BTS mempunyai ritme yang jika kita tertinggal 0,1 detik saja gerakannya terlihat tidak cocok.

Sepertinya penilaianku bisa diakui benar karena sangat sedikit orang yang terbukti bisa menarikan dance BTS dengan baik. Itu pula mereka membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa mendapatkan hasil seperti itu.

Belum lama ini Bighit merilis video BTS – Boy in Luv Dance Practice. Hasilnya, aku bengong saat video tersebut selesai.

  • Perilaku yang UGHHHHH

Kelebihan grup kpop adalah mereka tidak pernah menjadi imej. Mereka malah berusaha seunik mungkin. Tidak ada bedanya dengan Bangtan Boys. Bahkan para ARMY punya kebiasaan yang sama. Kalau mereka pusing/stres/frustasi, mereka langsung cus ke youtube, buka Bangtan TV dan menonton Bangtan Bomb.

Bangtan Bomb adalah video-video tentang kegiatan-kegiatan mereka sehari-hari. Sebagian besar isinya membuat yang nonton susah berhenti tertawa. Akan tetapi ada pula Bangtan Bomb yang bikin bertepuk tangan heboh, nangis bombay, gemas dan muka cengo dengan alis hampir menyatu. Paling sering sih bikin geleng kepala.

Video-video ini terdiri dari beberapa member yang asik curhat di tengah acara, seorang member yang menjahili member lain, para member menyanyi atau menari gaje, bahkan sampai pertunjukkan sulap yang sebenarnya itu hanyalah editan.

Di video-video Bangtan Bomb ini, terkadang staf yang harus kreatif sendiri mencari hal-hal lucu. Terkadang membernya sendiri yang langsung bertingkah saat merasa kamera menyala. Tidak jarang juga, BTS sendiri yang memonopoli kamera dan mengatur isi video tersebut. Kenyataannya, video buatan asli dari member BTS lah yang paling unik.

Biasanya para member sudah memiliki peran masing-masing di Bangtan Bomb. Maknae line (Jimin, V, Jungkook) sebagai pemeran utama, J-Hope sebagai pemeran pembantu, Big Brother (Jin, Suga) sebagai cameo dan sang leader (Rap Monster) sebagai produser dan sutradara.

Maknae line bersama J-Hope sering muncul di Bangtan Bomb. Mereka terlalu eksis malahan. Jin dan Suga biasanya akan muncul tiba-tiba dan hilang tiba-tiba saat kamera terfokus kepada maknae line yang sedang beraksi, atau mungkin numpang lewat di belakang (lewat berkali-kali udah macam hantu gentayangan dengan niat pengen eksis di depan kamera tanpa menjadi main cast). Sementara itu, Rap Monster bertugas sebagai pengatur para ‘bintang’ ini.

  • Tampang Berkualitas

Seperti yang kita tahu, semakin lama dunia kpop semakin dipenuhi oleh idola-idola dengan tampang berkualitas tinggi. Muka anak Bangtan Boys pun tak kalah berkualitas alias ‘bening-bening’.

Aku sering bertemu dengan sesama kpopers saat memakai varsity BTS. Biasanya mereka suka ngelirikku atau bisik-bisik tentang varsityku. kalau Cuma sebentar, aku akan diam saja. Tapi jika lama, aku akan bertanya langsung ke mereka.

“Tau BTS ya?”

Seringnya, mereka menjawab ‘ya’ malu-malu. Walaupun begitu, aku tidak pernah bertemu dengan sesama ARMY. Mereka mengaku tahu BTS tapi tidak tertarik.

TAPI!

Tetapi…

Tapi.. tapi.. tapi..

Mereka akan mengatakan, “Membernya ganteng-ganteng deh!”

Ya ini lah nasib cewek normal. Pasti tertarik dengan cowok ganteng. Hehe…

8 responses to “Yo, This is Bangtan Sonyeondan

  1. army here ~ 😀
    yah suka review kamu tentang bangtan,
    bener banget kalo lagi bete dan mood hilang aku juga nontonnya bangtan bomb mereka itu ga berusaha jaga image, apa adanya itu yang aku suka ~ talent mereka juga keren-keren!

  2. army, army I AM ARMY !! I love BTS and my bias is SUGA oppa yang jago banget ciptain lagu yag bikin aku ngefly ke udara !! oppaaaa saranghae :*

    thanks banget buat infonya 😀 🙂 bikin makin cinta aja sama calon suami hahahahahaha

  3. Bener banget yg kakak sebutin semua. Aku ngefans banget tujuh turunan deh sama bts,, euughh… sampe speechless kalo udh menyangkut bts. Aku baru kali ini suka idol sampe semua-muanya sukaaa, setelah dbsk. Kayak.y nyaris semua video bangtan di youtube udh aku donlot, sampe hampir full memori.y.. Seneeeeng.
    Makasih kak artikel.y 😀

  4. Anyeong…. ^_^
    AKu ARMY lho. Bener banget semuanya. Bagiku BTS tuh bisa jadi moodboster klo lagi bete. DAN SAYA MERASA SANGAT BANGGA MENJADI SEORANG ARMY. selaku istri fantasi kim taehyung dan adek termanisnya jeon jungkook.
    Thanks artikelnya…..

Leave a Reply

